Workshop Penyusunan Rencana Kerja BRI Tahun 2014 di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara

Pada bulan Januari 2014, Tim program BASICS Sulawesi Tenggara bersama Sub Komite BASIS Responsive Initiative (BRI) Propinsi Sulawesi Tenggara telah mengadakan workshop penyusunan rencana kerja tahunan (RKT) BRI Tahun 2014 di Kabupaten Bombana, hal tersebut sebagai wujud  dari komitmen pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten Bombana berdasarkan surat Sekrertariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Nomor : 600/4842 Tanggal 17 Desember 2013 dan surat Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Nomor 193.224/SJ Tanggal 10 Januari 2014 tentang persetujuan Kabupaten Bombana dan Konawe Utara sebagai lokasi baru perpanjangan program BASICS Tahun 2014.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari di Kantor BAPPEDA Kabupaten Bombana dihadiri oleh 32 peserta yang terdiri dari Tim program BASICS Sulawesi Tenggara, SC BRI dan pemerintah kabupaten Bombana dari BAPPEDA, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Organisasi dan tatalaksana, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan pemberdayaan perempuan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang inovasi-inovasi BRI dan praktek cerdas yang akan dimanfaatkan dalam penyusunan fokus RKT BRI dan untuk menyusun rencana kerja tahunan 2014 di bidang kesehatan dan pendidikan di Kabupaten Bombana. Proses penyusan RKT diawali dengan presentasi Bombana dalam perencanaan spasial dengan menggunakan google earth yang menampilkan gambaran umum Kabupaten Bombana dari sisi Geografis, wilayah administratif pemerintahan serta gambaran umum kondisi pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Bombana. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan sekilas tentang perjalanan program BASICS di Indonesia dan Sulawesi Tenggara khususnya. Disini juga secara detail dipaparkan keberhasilan kabupaten/kota dan provinsi dalam mendorong kebijakan dan program terkait perbaikan kualitas pelayanan publik dalam bidang pendidikan dan kesehatan dalam rangka mencapai target MDG’s dan percepatan SPM.

Hari kedua pelaksanaan kegiatan, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan mulai memaparkan fokus isu mereka dalam rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan selama Tahun 2014 di Kabupaten Bombana. Untuk bidang kesehatan mengusung tema “Wonua Bombana bebasi Mateno Ina Hela Ana Teleu Munajah” artinya adalah daerah Bombana bebas dari kematian ibu dan anak menuju masyarakat sejahtera. Tujuan yang ingin dicapai yaitu menurunkan angka kematian ibu dan bayi, meningkatkan cakupan pertolongan persalinan tenaga kesehatan dan peningkatan komplikasi kebidanan dan neonatus/obstertik. Program utamanya yaitu pengembangan kemitraan bidan, dukun bayi dan kader Posyandu serta peningkatan kapasitas bidan dan dukun bayi.

Di bidang pendidikan, akan fokus pada peningkatan APM dengan program utamanya yaitu meningkatkan peran PKBM untuk menekan angka putus sekolah.  Rencana kerja tahunan tersebut difinalisasi bersama dinas masing-masing bersama DF BASICS dengan asistensi dari Tim Bantuan Teknis Provinsi.(kiki/Basics)




0 komentar:

Posting Komentar

 
  • BASICS PROJECT NORTH SULAWESI © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes