Minahasa : Pelatihan Perawatan Kesehatan Masyarakat

Pada tahun 2012, BASICS Project melalui mekanisme Basics Responsive Initiative (BRI) memberi dukungan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dalam upayanya mempercepat beberapa capaian target SPM Kesehatan dalam periode tahun 2011-2013. Strategi Peningkatan Pelayanan (SPP) kesehatan difokuskan pada peningkatan kesehatan ibu dan anak. Upaya strategis tersebut dimaksudkan untuk menurunkan angka kematian bayi yang cukup tinggi di Kabupaten Minahasa, meningkatkan cakupan K4 dan meningkatkan cakupan penanganan komplikasi pada neonatus (bayi baru lahir). 
 
Salah satu masalah pokok dari pencapaian tujuan strategis di atas adalah kurangnya kemampuan perawat dalam melakukan kegiatan Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) secara baik. Perkesmas merupakan upaya kesehatan penunjang yang kegiatannya terintegrasi dalam upaya kesehatan wajib (KIA, P2M, Sanitasi, Pengobatan, Promosi Kesehatan dan Gizi) untuk memberikan perawatan berupa kunjungan rumah kepada masyarakat dengan yang termasuk dalam kategori  resiko tinggi. Dalam melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan para petugas kesehatan selalu melibatkan peran serta aktif masyarakat baik laki-laki maupun perempuan dan mengupayakan agar mereka mendapatkan akses yang sama terhadap layanan kesehatan.  
 
Dalam rangka meningkatkan kemampuan perawat dan peningkatan cakupan  SPM kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa bekerjasama dengan Program BASICS melalui dana BRI 2012 melaksanakan kegiatan Pelatihan Perawatan Kesehatan Masyarakat Bagi Perawat. Kegiatan ini diikuti oleh 40 perawat dab 10 bidan yang terdiri dari 44 peserta perempuan dan 6 orang peserta laki-laki.  Dari 50 orang peserta tersebut, 39 orang merupakan perwakilan dari Puskesmas (Tandengan, Wolaang, Tateli, Papakelan, Remboken, Sonder, Tombulu, Kombi, Koya, Manembo, Seretan, Pineleng, Walantakan, Tonsea Lama, Kawangkoan, Tanawangko, Lolah, Tompaso, Tumaratas dan Kakas) dan 10 orang peserta lainnya dari Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa.

Dari kegiatan ini diharapkan kemampuan perawat dan bidan semakin meningkat dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang tercakup dalam program perawatan kesehatan masyarakat sehingga diharapkan derajat kesehatan masyarakat akan semakin meningkat dan dengan demikian ikut meningkatkan pencapaian SPM kesehatan.
 

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • BASICS PROJECT NORTH SULAWESI © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes