Sitaro : Penyerahan Perlengkapan Bagi Juru Malaria Desa


Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro (Sitaro) merupakan salah satu daerah endemik malaria di Provinsi sulawesi Utara dengan prevalensi kasus malaria yang cukup tinggi setiap tahunnya. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan sosialisasi terus menerus kepada masyarakat tentang cara-cara pencegahan malaria dan untuk melakukan kegiatan tersebut Dinas Kesehatan Kab. Kepl. Sitaro mempunyai ‘pasukan lapagan’ yaitu para Juru Malaria Desa. Peran mereka sangat besar dalam mendorong masyarakat menerapkan perilaku hidup sehat dan memastikan kebersihan lingkungan untuk memberantas berkembang biaknya nyamuk malaria dan mengurangi angka kesakitan akibat penyakit tersebut.  

Untuk memberikan motivasi dan rasa percaya diri pada para juru malaria desa, Dinas Kesehatan Kab. Kepl. Sitaro bekerjasama dengan BASICS menyediakan asesori bagi juru malaria desa yang berupa rompi, topi, tas gantung serta senter. Perlengkapan tersebut diserahterimakan pada hari Kamis, 15 Maret 2012 dari pihak BASICS yang diwakili Ruswin Soulisa kepada Bupati Kepulauan Sitaro, Toni Supit SE, MM. Acara penyerahan yang dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan Musrembang Kabupaten tersebut turut disaksikan oleh Wakil bupati, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, tokoh masyarakat, perwakilan LSM dan wartawan media cetak dan elektronik.  

Beberapa juru malaria desa yang menerima bantuan perlengkapan tersebut menyatakan dirinya bangga dan merasa lebih percaya diri ketika turun ke lapangan dengan menggunakan ‘atribut’.  Ibu Lesa Sasehe (30 tahun) seorang Juru Malaria dari desa Apeng Sala Kecamatan Tagulandang begitu menerima atribut lansung bersemangat turun ke lapangan untuk pemantauan. Besoknya beliau mendapati ada seorang bayi di desanya yang telah menderita demam panas selama 3 hari. Ibu Sasehe segera mengadaan pemeriksaan jentik dengan senter terhadap lokasi genangan air di rumah orang tua bayi tersebu dan mendapati jentik nyamuk malaria. Ibu Sasehe segara melaporkan temuan tersebut kepada petugas kesehatan bidang penyakit menular di Puskesmas Tagulandang dan kemudian ditindaklanjuti oleh petugas kesehatan sanitasi lingkungan.

Dari pengalaman ini kita bisa melihat antuasiasme dari Juru Malaria Desa yang merasa menjadi bagian dari program Pemerintah Kabupaten untuk memberantas penyakit malaria. Mengingat bahwa ibu hamil dan anak-anak sangat rentan terhadap penyakit malaria, para Juru Malaria Desa ini mempergiat kegiatan penyuluhannya kepada sasaran khusus tersebut. Dinas Kesehatan telah menetapkan prosedur operasional yang mengatur hubungan kerja antara Juru Malaria Desa dengan petugas kesehatan di Puskesmas sehingga diharapkan upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit malaria di Kab. Kepl. Sitaro yang merupakan bagian dari strategi pencapaian SPM Kesehatan dan MDGs bisa berhasil dilaksanakan. 

Pada kegiatan yang sama, Bupati Toni Supit, SE, MM juga menyerahkan secara simbolis sepeda motor dan peralatan Hb meter kepada bidan, serta komputer dan LCD bagi sekolah percontohan TIK. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
  • BASICS PROJECT NORTH SULAWESI © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes